VB.Net | String Format VB.Net

Kali ini kita akan belajar menggunakan String Format
Fungsi Format untuk memformat nilai menggunakan format String dan format yang ditentukan pengguna.
Untuk pemisah tanggal (/), pemisah waktu (:), dan indikator AM / PM (t dan tt), output terformat aktual yang ditampilkan oleh sistem, tergantung pada pengaturan lokal yang digunakan kode.
Ketika waktu dan tanggal ditampilkan dalam lingkungan pengembangan, format waktu pendek dan format tanggal pendek dari kode lokal digunakan.

Tabel berikut menunjukkan karakter yang dapat Anda gunakan untuk membuat format tanggal / waktu yang ditentukan pengguna format ini peka huruf besar-kecil.
Karakter Deskripsi
(:)Pemisah waktu. Di beberapa lokal, karakter lain dapat digunakan untuk mewakili pemisah waktu. Pemisah waktu memisahkan jam, menit, dan detik ketika nilai waktu diformat.
(/)Pemisah tanggal. Di beberapa lokal, karakter lain dapat digunakan untuk mewakili pemisah tanggal. Pemisah tanggal memisahkan hari, bulan, dan tahun ketika nilai-nilai tanggal diformat.
(%)Digunakan untuk menunjukkan bahwa karakter berikut harus dibaca sebagai format huruf tunggal tanpa memperhatikan huruf tambahan. Juga digunakan untuk menunjukkan bahwa format satu huruf dibaca sebagai format yang ditentukan pengguna.
dMenampilkan hari sebagai angka tanpa nol di depan (misalnya, 1). Gunakan% d jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
ddMenampilkan hari sebagai angka dengan nol di depan (misalnya, 01).
dddMenampilkan hari sebagai singkatan (misalnya, Sun).
ddddMenampilkan hari sebagai nama lengkap (misalnya, Sunday).
MMenampilkan bulan sebagai angka tanpa nol awal (misalnya, Januari direpresentasikan sebagai 1). Gunakan M jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan.
MMMenampilkan bulan sebagai angka dengan nol di depan (misalnya, 01/12/01).
MMMMenampilkan bulan sebagai singkatan (misalnya, Jan).
MMMMMenampilkan bulan sebagai nama bulan penuh (misalnya, Januari).
ggMenampilkan string periode / era (misalnya, A.D.).
hMenampilkan jam sebagai angka tanpa memimpin nol menggunakan jam 12 jam (misalnya, 1:15:15). Gunakan% h jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan.
hhMenampilkan jam sebagai angka dengan angka nol di depan menggunakan jam 12 jam (misalnya, 01:15:15 PM).
HMenampilkan jam sebagai angka tanpa memimpin nol menggunakan jam 24 jam (misalnya, 1:15:15). Gunakan% H jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan.
HHMenampilkan jam sebagai angka dengan angka nol di depan menggunakan jam 24 jam (misalnya, 01:15:15).
mMenampilkan menit sebagai angka tanpa memimpin nol (misalnya, 12: 1: 15). Gunakan% mif ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
mmMenampilkan menit sebagai angka dengan angka nol di depan (misalnya, 12:01:15).
sMenampilkan yang kedua sebagai angka tanpa memimpin nol (misalnya, 12: 15: 5). Gunakan% sif jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
ssMenampilkan angka kedua sebagai angka dengan angka nol di depan (misalnya, 12:15:05).
fMenampilkan pecahan detik. Misalnya ff menampilkan seperseratus detik, sedangkan ffff menampilkan seperseribu detik. Anda dapat menggunakan hingga tujuh simbol f dalam format yang ditentukan pengguna Anda. Gunakan% f jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
tMenggunakan jam 12 jam dan menampilkan huruf besar A untuk jam berapa pun sebelum tengah hari; menampilkan huruf besar P untuk setiap jam antara siang dan 11:59 P.M. Gunakan% t jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
ttUntuk lokal yang menggunakan jam 12 jam, tampilkan AM huruf besar setiap jam sebelum tengah hari; menampilkan PM huruf besar setiap jam antara siang dan 11:59 P.M.
Untuk lokal yang menggunakan jam 24 jam, tidak menampilkan apa pun.
yMenampilkan angka tahun (0-9) tanpa angka nol di depan. Gunakan% y jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
yyMenampilkan tahun dalam format angka dua digit dengan nol di depan, jika berlaku.
yyyMenampilkan tahun dalam format angka empat digit.
yyyyMenampilkan tahun dalam format angka empat digit.
zMenampilkan offset zona waktu tanpa nol di depan (misalnya, -8). Gunakan% z jika ini adalah satu-satunya karakter dalam format numerik yang ditentukan pengguna.
zzMenampilkan offset zona waktu dengan nol di depan (misalnya, -08)
zzzMenampilkan offset zona waktu penuh (misalnya, -08: 00)

Berikut ini adalah contoh format tanggal dan waktu yang ditentukan pengguna

December 7, 1958, 8:50 PM, 35 seconds:
FormatTampilan
M/d/yy12/7/58
d-MMM7-Dec
d-MMMM-yy7-December-58
d MMMM7 December
MMMM yyDecember 58
hh:mm tt08:50 PM
h:mm:ss t8:50:35 P
H:mm20:50
H:mm:ss20:50:35
M/d/yyyy H:mm12/7/1958 20:50

Listing Program :
MsgBox(Format(now, "h:m:s"))  
hasilnya seperti

Demikian sekilas artikel tentang String Format VB.Net yang sangat menarik untuk dipelajari dan dimanfaatkan.
Semoga dapat memberi manfaat


Post a Comment

1 Comments

  1. This article gives the light in which we can observe the reality. This is very nice one and gives indepth information. Thanks for this nice article. psiprograms.com

    ReplyDelete