Skip to main content

Pengalaman | Biaya Pemekaran Sertifikat Tanah

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai  Cara Mengurus Pemekaran Sertifikat Tanah di BPN. Beberapa tahun lalu di daerah saya terjadi pemekaran nama kecamatan, yang tadinya kecamatan A menjadi kecamatan B. Hal ini berdampak dalam hal perubahan administrasi terutama perubahan surat tanah. Kali ini dalam hal hal perubahan administrasi (pemekaran surat tanah) saya mengurusnya sendiri atau tanpa perantara Notaris

Berikut pengalaman saya :

Pertama-tama siapkan dulu berkas berkas seperti di bawah ini :
- Formulir/Blanko Permohonan
- Sertipikat Hak atas Tanah
- Surat Keterangan Pemekaran
- F.C Legalisir PBB Tahun Berjalan
- F.C Legalisir KTP Pemegang Hak atas Tanah
- F.C Legalisir Keterangan Ahliwaris (bila pemegang Hak atas Tanah sudah meninggal)
- F.C Legalisir Kartu Keluarga
- Sketsa Lokasi
- Surat Kuasa (bila dikuasakan)
- F.C Legalisir KTP Penerima Kuasa

Setelah semua berkas di siapkan, barulah pergi ke kantor BPN, langsung aja ke bagian informasi. Nanti petugas informasi bakalan cek semua kelengkapan administrasinya. Setelah persyaratan lengkap, barulah bagian informasi menunjukan loket pendaftaran pemekaran wilayah. Nanti petugas akan mengecek kembali kelengkapaanya. Setelah di cek dan sudah lengkap, saya di suruh menunggu untuk di panggil. Setelah menunggu kurang lebih 15 menit, saya di panggil dan di kasih Surat untuk pengambilan Sertifikat. Berikut bukti Surat pengambilannya.


menurut petugas, lama proses pemekaran kurang lebih 14 hari kerja,
Tapi sebelum 14 hari kerja saya di sms "bahwa sertifikat sudah selesai dan bisa di ambil"
ini contoh sertifikat yang sudah selesai



Note : proses pemekaran di BPN tidak dipungut biaya "GRATIS"

Comments

  1. makasih gan.
    terus itu legalisirnya kemana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. - F.C Legalisir PBB Tahun Berjalan ke tempat pembayaran (saya bank BJB)
      - F.C Legalisir KTP Pemegang Hak atas Tanah (Kecamatan)
      - F.C Legalisir Keterangan Ahliwaris (Kecamatan)
      - F.C Legalisir Kartu Keluarga (Kecamatan)

      Delete
  2. Thankyou for this wondrous post, I am glad I observed this website on yahoo. jasa sertifikat skt

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf tanya kalo berubah wilayah asal dari kab. Bdg jd kab.bdg barat, biayanya brp kira2

    ReplyDelete
  4. Apakah ada format Surat keterangan PEMEKARAN nya gan ?

    Seperti apa contoh surat nya ?
    Dan minta ke mana ??

    Info lewan w.a gan..
    085230652449

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman | Cara membuat SUrat Numpang Nikah (NA)

Hallo Tanggal 18 February 2018 depan saya akan menikah. Saya sendiri alamat KTP nya bandung, sedangkan calon istri ber KTP Cikarang, kemudian saya akan melangsungkan akad nikah di tempat kakaknya, yaitu di Cileungsi, kab Bogor, Karena di cikarang kami ngekos jadi masalah administrasinya kami urus sendiri. Kali ini saya mau berbagi pengalaman cara membuat surat numpang nikah Yang pertama dimulai dari pengurusan saya (calon laki lakinya) di Bandung  Sebelum dateng ke pak rt siapin aja fotocopy ktp sama kartu keluarga  Pertama-tama saya mendatangi Pak RT di tempat tinggal saya, nanti di tanya mau nikah dimana, lu hapalin kua tempat lu mau nikah.  Kemudian pak Rt membuatkan surat pengantar  trus minta di cap ke rw juga ya seperti gambar di bawah ini. Pengurusan di rt dan Rw gratis,, ga ngeluarin biaya apapun juga. Setelah dapet surat pengantar dari Rt dan Rw langsung pergi ke Kelurahan Ntar petugas kelurahan bakalan ngecek berkas lu Kebetulan berkas sa...

Pengalaman | Cara Mencairkan BPJS

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai Cara Mencairkan BPJS atau Cara Claim BPJS. Buka situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs Masuk ke aplikasi atau kalau belum punya akun silahkan daftar dahulu dengan cara menekan tombol BUAT AKUN Dibawah ini adalah tampilan saat anda telah login Selanjutnya pilih menu KLAIM SALDO JHT Tampilannya seperti di bawah Pilih aksi pengajuan klaim dan alasan pengajuan klaim (Pemutusan Hubungan Kerja) Kemudian tekan tombol SUBMIT FORM Berikut adalah tampilan setelah SUBMIT FORM Isi Formulir Mulai dari Alamat BPJS yang kita tuju Isi nama Rekening , nama bank dan nomer rekening (untuk transfer uangnya) Setelah itu upload persyaratannya File yang di upload harus lebih dari 100kb ya kaya gini ya Kemudian tahap selanjutnya Simpan, jika tidak ada masalah maka tampilannya seperti di bawah ini Untuk memastikan status pengajuan klaim maka cek email kita berikut tampilannya Dal...