Pengalaman | Cara membuat SUrat Numpang Nikah (NA)

Hallo
Tanggal 18 February 2018 depan saya akan menikah.
Saya sendiri alamat KTP nya bandung, sedangkan calon istri ber KTP Cikarang, kemudian saya akan melangsungkan akad nikah di tempat kakaknya, yaitu di Cileungsi, kab Bogor,
Karena di cikarang kami ngekos jadi masalah administrasinya kami urus sendiri.
Kali ini saya mau berbagi pengalaman cara membuat surat numpang nikah

Yang pertama dimulai dari pengurusan saya (calon laki lakinya) di Bandung
 Sebelum dateng ke pak rt siapin aja fotocopy ktp sama kartu keluarga
 Pertama-tama saya mendatangi Pak RT di tempat tinggal saya, nanti di tanya mau nikah dimana, lu hapalin kua tempat lu mau nikah.
 Kemudian pak Rt membuatkan surat pengantar  trus minta di cap ke rw juga ya seperti gambar di bawah ini. Pengurusan di rt dan Rw gratis,, ga ngeluarin biaya apapun juga.


Setelah dapet surat pengantar dari Rt dan Rw langsung pergi ke Kelurahan
Ntar petugas kelurahan bakalan ngecek berkas lu
Kebetulan berkas saya ada yang kurang
yaitu ... surat keterangan perjaka
trus petugas kelurahan bakalan ngasih form tersebut, kalo ga ngasih lu bikin  aja sendiri
nih ane udah buatin buat nte,, download disini ya
nih seperti ini surat pernyataannya,, oia jangan lupa bawa materai ya.



Setelah berkas di terima sama pihak kelurahan, lu suruh nunggu,, soalnya mau di buatin.
Pas di buatin sama stafnya,, kebetulan pa lurahnya ada sosialisasi ke warganya.
10 menit setelah pa lurah berangkat jadi deh surat N1, N2 dan N4 nya, tapi belum di tanda tangan pak lurahnya. orang kelurahannya bilang mau di tunggu apa di ambil entar, kalo di ambil entar, tinggalin aja no tlpny, nanti kalo udah kelar di tlp.
Kebetulan pas ane bikin itu hari jumat, waktu juga udah jam 11, jadi ane milih di tlp aja.
Sekitar jam 1 atau tepatnya udah jumatan, saya di tlp pihak kelurahan, katanya udah selesai.
ane buru buru ke kelurahan ambil berkasnya.
trus di suruh photocopy buat arsipnya (photocopynya  rangkap 2 aja ya, soalnya buat arsip di KUA juga).

nih gan bukti N1 N2 sama N4





Setelah selesai baru pergi ke KUA kecamatan ya
Sebelum pergi ke kua siapin dulu pas photo wanita dan photo lu ukuran 4x6 = masing masing 2 lembar, ukuran 2x3 = masing masing 4 lembar, photocopy ijazah 1 lembar, photocopy ktp sama kartu keluarga perempuan masing masing 1 lembar. siapin aja duit buat isi kotak kas (seiklasnya) kalo saya ngasih 30ribu, yang penting ikhlas

nah kalo udah kelar baru di kasih surat rekomendasi nikah



Oke itu aja pengalaman saya ngurus surat rekomendasi nikah
Untuk nikah di rumah biaya resminya yang masuk kas Negara Enam Ratus Ribu Rupiah (Rp. 600.000,-) sedangkan untuk nikah di KUA itu GRATIS
Jadi dapat di simpulkan dokumen yang di perlukan

1 Pengurusan tingkat Rt dan RW
   - Photocopy KTP
   - Photocopy Kartu Keluarga

2 Pengurusan tingkat Kelurahan
  - Surat Pengantar Rt dan Rw
  - Photocopy KTP
  - Photocopy Kartu Keluarga
  - Surat Pernyataan Perjaka
  - Materai 6.000

3 Pengurusan tingkat KUA
 - Surat Model N1 (Surat Keterangan Untuk Nikah)
 - Surat Model N2 (Surat Keterangan Asal Usul)
 - Surat Model N4 (Surat Keterangan Tentang Orang Tua)
 - Photocopy Ijazah
 - Photocopy Akte Lahir
 - Photo perempuan dan laki laki ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
 - Photo perempuan dan laki laki ukuran 2x3 sebanyak 4 lembar
 - Photocopy KTP Calon (perempuan)
 - Photocopy Kartu Keluarga Calon (perempuan)


Post a Comment

271 Comments

  1. Bang itu bkin na ke kelurahannya lama gak? Brpa hari bang?
    Sama waktu bkin surt nikah ke kuanya jga brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bikin NA sampai bikin surat nikah ke kua, 1 hari
      estimasi :
      jam 9.30 datang ke kelurahan
      bawa
      - Surat Pengantar Rt dan Rw
      - Photocopy KTP
      - Photocopy Kartu Keluarga
      - Surat Pernyataan Perjaka
      - Materai 6.000

      paling nunggu 1 sampai 2 jam sampai kelar
      kaena waktu saya buat itu hari jumat, saya tinggal aja
      jam 1 abis jumatan udah kelar

      kalo ke kua mah bentar doang
      cuma 20 menitan

      Delete
    2. Bg,kalo cewek pake surat perjaka juga ga?
      Kan cewek juga harus ke kelurahan bukan?

      Delete
  2. mau tanya foto di KUA itu background apa ya? merah atau biru?
    kemudian apakah kalau ke kelurahan sudah selesai, tidak langsung ke KUA bisa? jadi ke KUA di keesokan harinya aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya warna biru
      kalau di kelurahan sudah selesai, besok ke KUA nya juga boleh ko

      Delete
    2. Ini saya bingun lg maksud nya lngsng ke kua tmpt si wanita atau kua tmpt su pria duku

      Delete
    3. Ini saya bingun lg maksud nya lngsng ke kua tmpt si wanita atau kua tmpt su pria duku

      Delete
    4. Saya mau nanya di gan , mohon pencerahan nya ' saya kan dah nikah ni sbelum nya , nah pertanyaan nya kalau buku nikah kita hilang , kita hrus nikah lagi atau gimana ??

      Delete
  3. Terimakasih gan sudah berbagi pengalaman, sangat membantu saya yg in syaa Allah akan tahun ini & kami beda kota,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih infonya gan...
      Insya Allah bulan depan saya akan nikah beda kota...
      Ijin share gan

      Delete
  4. Background foto nya warna apa gan?

    ReplyDelete
  5. Kalo g ada akteu lahir bisa g yah gan...? Thx

    ReplyDelete
  6. bang apa diminta surat kematian kl orang tua sudah meninggal

    ReplyDelete
  7. Klo cewek ga pny akta lahir msih bis mendaftar ga gan

    ReplyDelete
  8. Waktu sya menikah gak pake akta lahir

    ReplyDelete
  9. Saya barusan k kantor lurah,untuk ngurus NA nikah..
    Kata ny,hari jumat baru selesai..kata petugas yg 1 lg,hari senin malahan..
    Itu gmna ya gan? Ap kah ini semacam d persulit ??

    ReplyDelete
  10. Itu ngurus2 di kua yg tmpt kita mau nikahnya kan .. ? Apa didomisili kita yaa gmna dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di domisili kita gan
      buat persyaratan di KUA tempat kita nikah

      Delete
  11. Semisal ktp saya jogja trus mau numpang nikah di jakarta, kira" dari jakarta harus ada surat N untuk persayaratan dikelurahan jogja enggak yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalaman saya ga ada mas, soalnya saya juga KTP bandung, dan istri saya KTP Cikarang, dan mau ngadain pernikahan di CIleungsi
      jadi saya buat NA dari KUA bandung ke KUA Cileungsi
      istri juga sama buat NA dari KUA Cikarang ke KUA Cileungsi
      yang penting tau KUA mana yang bakalan kita tuju (KUA yang menikahkan kita )

      Delete
  12. Ko kelihatan nya simple ya....
    Knpa w di jakarta....
    Di minta surat kesehatan pra nikah dulu sama kelurahan....
    Dan harus di puskesmas yg di tujukan....
    Dan gtu w nanya kpn jd nya k kelurahan...
    Blm tw pasti nya....????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius bro. soalnya gua tanya tmn gua katanya gak?

      Delete
    2. Warga jakarta wajib bro, 2 hari selesai ko sehari tes besoknya sore bisa diambil.

      Delete
    3. Kalo warga Jakarta wajib pakai surat rekomendasi dari puskesmas kecamatan sesuai ktp, disana bakal di cek kesehatan(cek darah+suntik) dan hasilnya keluar besokannya berupa sertifikat layak nikah gitu yg bakal dikasih ke kelurahan. Jadi ya ngurusnya min 2hari max 3hari deh

      Delete
    4. Peraturan baru,Bikin surat layak nikah dateng jam 8pagi kelar jam 12an terus masuk poli catin,tensi ngisi formulir ditanya2,suntik,cek darah,besok pagi bisa diambil.

      Delete
  13. Berapa biaya bikin surat pindah nikah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo biaya bikin NA cuma seiklasnya aja, buat ngisi kas KUA aja
      Kalo nikah di KUA gratis, kalo nikah di rumah (penghulunya dateng ke rumah) bayar 400 ribu
      bayarnya juga di kantor pos (nanti dikasih billing dari KUA)

      Delete
    2. Klo gak pake KK & KTP calon istri bisa gak gak?

      Delete
  14. Kalo KK perempuan nya numpang di sodara gimana bang? Saya asal Lampung, cuma pindah domisili di Cibitung. Jadi KK ikut KK nya kakak sepupu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. calon perempuan KTP dan KK nya sama apa beda daerah gan ?
      kalo sama ya GPP
      agan KTP nya Lampung apa Cibitung gan ?
      Kalo agan KTP nya Lampung
      agan buat NA nya di Lampung di tujukan ke KUA calon perempuannya

      Delete
  15. Ngurus surat numpang nikah bisa diwakilin gak, gan?
    Apa harus calon pengantinnya langsung? Ada surat yg mesti ditandatanganin gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di wakilkan gan
      Asal persyaratannya udah komplit
      kalo yang di tandatanganin, paling pernyataan perjaka/gadis

      Delete
  16. Kok ane d pungut biaya 300rb cuma buat surat NA doanxx sama Amil daerah ane, katanya itu udh tau beres tinggal jadi malahan katanya 2hari jadinya 😂😂😂

    Bikin nyesekk gw pas denger d daerah lain gx d pungut biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sama ane juga gitu, tapi ane blm bikin keburu baca postingan ini 😂

      Delete
  17. terimakasih sudah berbagi , ane mau tanya gan kalo persyaratan semua sih ane udh lengkap,tp pas persyaratan ke kelurahan , ane cuma bawa ktp cpw aja, gk ada kk nya apa bisa ??

    ReplyDelete
  18. Gan mau nanya klw saya orang jawa timur tapi udah lama tinggal di jakarta lalu calon saya orang aceh tuh apa sama syarat"a harus ada foto CPW nya gan???


    #sebelumnya terimakasih atas informasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada gan
      Soalnya foto CPW nya buat di buku nikah

      Delete
  19. Sebelum ke kelurahan saya malah d suruh bikin surat dokter c.aneh

    ReplyDelete
  20. dikelurahan saya buat surat rekomendasi diminta uang 300rb

    ReplyDelete
  21. Kalo pake ktp sementara bisa gak ya calon istri nya. Soal nya blum jadi jadi ktp nya

    ReplyDelete
  22. bang klau ktp sy d cibinong.calon istri di baubau mau nikah di depok sama gk kaya prosedur di atad

    ReplyDelete
  23. Bang itu maksudnya KUA kecamatan tuh gimana? Ke kecamatan dulu terus ke KUA atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bang
      Tiap 1 kecamatan itu punya 1 KUA
      jadi abang datang ke KUA yang lokasinya sesuai dengan tempat abang buat Numpang nikah

      Delete
  24. Bang klo cewek yang ikut nikah di tempat cowok beda propinsi apa harus bawa surat numpang nikah dr kua tempat si cewek atau gk prlu?
    Mhn pncerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bang
      jadi calon mempelai wanita harus buat NA (numpang nikah). yang di tujukan ke KUA tempat mempelai Pria

      Delete
    2. harus bang
      mempelai wanita yang menikah di mempelai pria harus harus buat NA (numpang nikah)
      mempelai wanita buat NA (numpang nikah) yang di tujukan ke mempelai pria

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Semoga bantu dijawab, itu kan hbs buat surat NA, itu ke kua mana bang? Trs hbs buat NA apa langsung ke KUA bogor tmpt saya? Trs Ktp saya bogor saya mau nikah ditegal ditmpt cewe saya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang mau nikah dimana ?
      kalo abang mau nikah di KUA tempat mempelai wanita
      ini alurnya
      abang udah dari kelurahan (buat surat NA) dateng ke KKUA bogor tempat tinggal abang (ditujukan ke KUA mempelai wanita di tegal)
      setelah selesai,, abang tinggal kasih ke calon mempelai wanita aja

      Delete
  27. Kalau pengalaman saya agak ruwet bang, kebetulan lg ngurusi adik perempuan mo numpang nikah di kampung halaman, kebetulan adik kk nya ikut saya, setelah semua beres surat surat dr kua di bandung saya kirim k kampung, dr kua sana ada saja permintaan yg gak logis salah satu yg diminta adalah surat keterangan sehat, ini mo nikah ato mo apa gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang
      sekarang mah udah kebalik bang prinsipnya
      kalo sekarang itu "kalo bisa di persulit ngapain di permudah"
      #becanda bang

      Delete
  28. Mau tanya, kalo buat surat numpang nikah beda provinsi dia di padang saya didepok dan nikahnya dimempelai wanita.trs calon pria itu ngurus numpang nikahnya ke rt rw kelurahan ke kua juga atau gak yaa??
    Saya khawatir salah mbuat surat numpang nikahnya, krna jauh mengurusnya. Tolong dijwb ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sama bang
      soalnya pas saya bikin NA (di KUA) juga ada orang yang mau nikah di Medan(di tempat wanita)
      abang mau nikah di padang (dimempelai wanita) ?
      jadi abang ngurus numpang nikahnya ke rt,rw,kelurahan trus ke kua didepok di tujukan ke alamat di padang (dimempelai wanita)
      nanti kalo udah selesai di KUA trus di kasih di kasih surat rekomendasi nikah
      abang tinggal kasih ke mempelai wanita
      nanti mempelai wanita yang urus administrasi di KUA padangnya

      #semoga membantu

      Delete
  29. Mau tanya, kalo buat surat numpang nikah beda provinsi dia di padang saya didepok dan nikahnya dimempelai wanita.trs calon pria itu ngurus numpang nikahnya ke rt rw kelurahan ke kua juga atau gak yaa??
    Saya khawatir salah mbuat surat numpang nikahnya, krna jauh mengurusnya. Tolong dijwb ya

    ReplyDelete
  30. Saya mw ngurus surat numpang nikah tp Dr kelurahan koq di mintain foto copy sertifikat layak kawin dr Puskesmas kecamatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya baru denger foto copy sertifikat layak kawin
      saya ga bisa jawab
      soalnya saya juga baru tau ada sertifikat itu

      Delete
    2. Kasusnya sama kayak saya, lurah minta surat kesehatan utk catin, baru mau ttd NN.. malah mau cek ke puskesmas jkt susah lg, karena ktp luaar jkt jd mnta surat pengantar lurah jkt, lurah jkt malah blm berani ksh surat pengantar, trs masa saya kudu harus balik kota saya yg jauh cm buat cek kesehatan doank, mahal di ongkir donk gtu

      Delete
  31. Bg mohon infonya,, berapa jarak waktu yg diperlukan untuk mengurus surat2 sblm hari prnikahan..
    Apakah bisa 2 mggu sblm hr prnikahan br urus semuanya dan satu lg ap ad masalah jika nama pada ijazah dan ktp beda satu huruf saja sewaktu pengurusannya
    Trma kasih mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib diurus selambat-lambatnya 10 hari sblm hari prnikahan
      jika nama pada ijazah dan ktp beda : yang benernya yang dimana ?
      soalnya nama akan di cantumkan di buku nikah
      pastiin dulu gan nama nya

      Delete
    2. Ini yg saya cari jwbnnya..

      Makasih gan

      Delete
  32. bang saya calon mempelai cewe mw numpang nikah d calon mempelai cewe.
    ap saya jg harus bikin surat NA

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo agan mau nikah di wilayah agan mah ga usah buat numpang nikah
      calon mempelai pria aja yang bikin surat numpang nikah buat di calon mempelai wanita

      Delete
  33. Bang mau nanya, saya dan calon saya sama sama ber KATO palembang, terus kami mau numpang nikah di Surabaya tempat keluarga calon saya, pertanyaan nya apakah sama prosedur nya seperti yang Abang urus itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang
      soalnya numpang nikah di KUA bukan alamat KTP

      Delete
  34. bang, mau tanya
    Surat rekomendasi calon mempelai pria ditujukan ke KUA alamat wanita atau ke KUA yg jadi tempat nikah kita nanti?
    soalnya saya dari Kalsel calon suami dari batam, trus mau numpang nikah di Jawa, jdi surat rekomendasi nikah mempelai pria alamatnya ditujukan ke Kalsel apa Jawa?
    mohon dibantu jawab ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat rekomendasi buat dua duanya gan kaya saya
      jadi
      Surat rekomendasi calon mempelai pria ( dari batam )ditujukan ke KUA yang mau numpang nikah (Jawa )
      sama
      Surat rekomendasi calon mempelai wanita ( dari Kalsel ) ditujukan ke KUA yang mau numpang nikah (Jawa )

      Delete
  35. sorry gan mau tanya, kalau misalnya pihak mempelai pria kan sudah urus surat NA, lalu yang dikasih ke pihak wanita itu surat NA nya saja atau harus kasih KTP dan KK juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di kasih satu bundle gan
      nanti pihak kua akan mengecek kelengkapan berkas
      setelah berkas dirasa komplit baru pihak kua ngasih amplop coklat (yang isinya ada KTP,KK dan lainnya )
      jadi agan tinggal kasih amplop coklat itu ke pihak perempuan

      Delete
  36. Bang itu bayar 600 di tempat kua saya ngurus apa di kua tempat kediaman mempelai wanitanya karena saya beda kecamatan tp masih satu wilayah, klo saya bayar di kua kecamatan saya apa kah nnti di kecamatan kua wanita nya bayar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini gan
      agan mau ngadain pernikahan dimana ?
      misal agan mau ngadain pernikahan di tempat mempelai wanita
      agan bayar 600 ribu di ke KUA kecamatan mempelai wanita (bayarnya lewat kantor pos gan) nanti agan di kasih billing tagihannya, setelah agan bayar, struk pembayarannya di kasih ke KUA
      #di KUA aja gan nikahnya (ijab kabulnya)soalnya kalo di kantor KUA nya gratis
      #soalnya klo di panggil ke rumah harus bayar 600 ribu

      Delete
  37. Kalau surat NA nya sudah di serahkan ke KUA yg dituju, apakah ada surat yg dikirimkan balik ke KUA asal tempat kita minta rekomnya gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau gan
      kalo saya ga dikasih apa apa
      saya cuma dikasih undangan pra nikah / pembekalan buat nikah aja

      Delete
  38. Bang. Brarti walopun minta surat rekomendasi nikah doang tetep harus pake foto?

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Walaupun, contoh, laki sy org bogor, sy org banyumas, sy yg minta surat numpang nikah/rekomendasi ke KUA banyumas pake foto?

    Sy kira surat rekomendasi gak pake foto, kecuali pas sy daftar ke KUA bogor, baru pake foto.

    Jadi walopun minta surat rekomendasi dri KUA tempat sy buat ke KUA bogor tetep harus pake foto bang?

    *mohon pencerahannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Lena Maulana mau nukah dimana ?
      Di bogor apa di banyumas ?
      kalo agan mau nikah di bogor (laki)
      - agan ga usah pake photo juga gapapa soalnya nanti yang ngeluarin buku nikah KUA Bogor (Photo itu buat di buku nikah aja gan)
      - nanti (laki) di KUA bogor daftar nikah sebagai persyaratan bawa photo (baru pake photo agan lena sama lakinya)
      - sebaliknya juga sama (kaya di atas)

      Delete
    2. Ok bang. Sdh kelar, diurus sama kelurahan desa. Thanks bantuan artikelnya.

      Delete
  41. Mau tanya ni saya ngurus NA untuk nikah di jawa mksdny minta surat keterangan numpang nikah dr capil cimahi ke tbn gmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti artikel di atas gan
      agan minta surat pengantar buat bikin NA (surat keterangan numpang nikah) dari RT dan RW
      agan dateng ke kelurahan buat di bikinin surat N1, N2 dan N4
      agan dateng ke KUA yang ada di wilayah kecamatan agan sambil bawa berkas dari kelurahan
      dari KUA nanti ngeluarin rekomendasi nikah
      surat dari KUA itu kasih ke pihak wanita di TBN ( bacanya TUBAN kali ya )

      Delete
  42. Kalo nikah di kua di wilayah perempuan... Apa saja yg harus di siapkan oleh pihak laki gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan
      harus buat surat numpang nikah dari wilayah laki laki ditujukan ke pihak perempuan

      Delete
  43. Mau bantu jawab. Skrang untukenilah mekang persyaratan wajibnya adalah tes kesehatan calon pengantin.
    Gunanya untuk mendeteksi apakah calon pengantin terjangkit penyakit menular seksual atau tidak. Dan sekalian di test pack untuk wanitanya sedang hamil atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih bu atas pencerahannya

      Delete
    2. maaf Bu Kartika Eka Dewi, terutama untuk DKI memang ada peraturan diharuskan adanya sertifikat layak kawin ya intinya seperti surat keterangan sehat. Nah itu bikinya di puskesmas/rumah sakit yang sudah ditentukan oleh pihak kelurahan atau boleh terserah kita? apakah hal ini sudah mencakup imunisasi TT (untuk CPW) jadi setelah pembuatan sertifikat layak kawin ini kedepanya sudah tidak lagi diperlukan test kesehatn lagi bagi CPP di KUA tujuan?


      terima kasih atas bantuanya

      Delete
  44. kalo nikah nya di tempat domisili perempuan (sesuai KTP pihak perempuan) CPP gak perlu buat NA di kelurahan/KUA nya kah?, jadi hanya perlu NA Pihak laki2 (CPP) dari Kelurahan/ KUA tempat KTPnya berasal ya?
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu NA mas
      betul apa yang mas sampaikan CPP hanya mendaftar saja di KUA di domisilinya saja
      hanya saja CPP harus membawa NA pihak laki laki

      Delete
  45. Dikelurahan saya kena 300rb ya gan

    ReplyDelete
  46. Dikelurahan saya kena 300rb ya gan

    ReplyDelete
  47. Gan, pembekalan pra nikah harus hadir komplit CPP & CPW? Kalo salah satu aja boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang" akte lahir dan ijazah untuk laki2 atau perempuan juga?

      Delete
  48. Bang itu surat perjaka kita ngeprin sendiri

    ReplyDelete
  49. Bang undangan untuk pembekalan nikah itu dilaksanakan di KUA tujuan tempat akan dilakukan nikah kan Bang
    bukan di KUA asal?


    terima kasih Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan
      di KUA tempat kita mau nikah
      dateng nya harus pasangan

      Delete
  50. Bismillah.makasih gan sangat membantu

    ReplyDelete
  51. Saya dari KUA diminta biaya karna andon nikah/bikin surat rekomendasi nikah. Itu pungli kah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dimintanya "seiklasnya buat kas" saya rasa bukan pungli
      tapi kalo di haruskan membayar dengan nominal uang tertentu
      mungkin pungli

      Delete
  52. Mohon ijin...keponakan cewek ...mau numpang nikah di daerah...persyaratan yg harus di bawa buat kekelurahan apa aja ya ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti diatas gan
      1 Pengurusan tingkat Rt dan RW
      - Photocopy KTP
      - Photocopy Kartu Keluarga

      2 Pengurusan tingkat Kelurahan
      - Surat Pengantar Rt dan Rw
      - Photocopy KTP
      - Photocopy Kartu Keluarga
      - Surat Pernyataan Perjaka
      - Materai 6.000

      3 Pengurusan tingkat KUA
      - Surat Model N1 (Surat Keterangan Untuk Nikah)
      - Surat Model N2 (Surat Keterangan Asal Usul)
      - Surat Model N4 (Surat Keterangan Tentang Orang Tua)
      - Photocopy Ijazah
      - Photocopy Akte Lahir
      - Photo perempuan dan laki laki ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
      - Photo perempuan dan laki laki ukuran 2x3 sebanyak 4 lembar
      - Photocopy KTP Calon (perempuan)
      - Photocopy Kartu Keluarga Calon (perempuan)

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Makasih bro, ane barusan udah bikin N1 N2 N3 N4 tinggal nanti ke KUA. Doain lancar semuanya ya dan jangan sampe ada pungli hahaha. Sebenernya ane awalnya mau bikin NA itu lewat perantara amil KUA sini, cuma dipungut 300rb. Alhasil setelah baca ini, ane urus sendiri aja dan kayaknya sih gampang2 aja hehe
    Sama satu lagi, setelah berkas selesai dr kelurahan kok gak diminta photocopy ya kalau ane haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga artikel ini bermanfaat gan
      setelah berkas selesai dr kelurahan kok gak diminta photocopy ya
      iya gan tergantung kelurahannya
      soalnya buat dokumtasi kelurahan aja

      Delete
  55. kalo mau nikah gk ada ijasa sama akte kelahiran gimana yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kayanya gan
      di coba aja dulu buat
      mungkin tiap daerah beda beda

      Delete
  56. Gan g pk ke kecamatan p cmn kelurahan ja pencerahannya gan

    ReplyDelete
  57. Maaf bang mau tanya,klo misalkan bikin NA nya sm kluarga bisa gk,soalnya saya lg d luar kota..?

    ReplyDelete
  58. maaf om mau nanya, kalo cewenya yg numpang nikah, sama ajakah persyaratannya ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  59. maaf gan ane mau tanya
    ane punya calon bini tapi non.muslim
    dan rencananya ane mau nikah di aceh
    sedang kan ane dan calon bini ktp nya masing2 di medab

    ReplyDelete
  60. Agan bikin brapa rangkap untuk k kelurahan?

    ReplyDelete
  61. kang bade naros pami duda syaratna sami teu sareng nu lajang

    ReplyDelete
  62. Mas saya mau nnya ngurus surat izin nikah itu berapa lama ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih 1 hari
      estimasi
      Pengantar Rt dan Rw = 1 jam
      Kelurahan plus antri = 3 jam
      KUA = 1 jam
      totalnya kurang lebih 5 jam gan

      Delete
  63. Gan. Mau tanya klw ngurus surat numpang nikah itu jaraknya berapa lama ya dr hari H, seminggu apa 2minggu ya atau sebulan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 hari kerja gan
      agan bisa liat di waktu pelayanan di link ini gan
      https://bimasislam.kemenag.go.id/uploads/post_dashboard/6f4922f45568161a8cdf4ad2299f6d23-standar-pelayan-nikah.png

      Delete
  64. Mau tanya gan klu bikin surat numpang nikah gk punya akteu sama ijazah bisa gk

    Mohon jawab gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba aja dulu gan
      Soalnya di setiap daerah mungkin bisa beda persyaratannya

      Delete
  65. Maau nanya gan klo di surat pengantar nikah ada kesalahan pengetikan nama untuk calon pengangin wanitanya itu gmna gan? Apakah harus mnt revisi di kua tempat pembuatan surat numpang nikahnya atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah
      Kalo salah nama pengantin harus di revisi gan
      Misal nama cpw nya susi
      Tapi di tulis sussi
      Atau huruf s nya doeble
      Kayanya ga masalah
      Tapi kalo nama cpw nya susi trus yang di tulis indah
      Harus segera di revisi gan
      Kayanya salah ngetik
      Takutnya kalo ga di ganti
      Nanti agan malah nikah sama indah bukan sama susi
      Hehehe

      Delete
    2. Maaf gan bisa gak ya klo ada kslah di na,misal tg lahir,trs nma kecmatan,salh
      Bisa kah di revisi gan ?
      Terimakasih

      Delete
  66. gan.. mau tanya..

    CPW saya pindah domisili dari Bandung ke Sukabumi, nah KK yg baru belum jadi, baru ada surat pencabutan dari kelurahan dan kecamatan Bandung. kira2 berkas lama dengan lampiran surat pencabutan tersebut, bisa memenuhi syarat berkas CPW ngga? di KUA

    ReplyDelete
  67. Wah belum ngalamin gan
    Tapi sebaiknya nunggu kk nya jadi
    Atau bisa dateng langsung ke kelurahannya
    Mungkin ada kebijaksanaan

    ReplyDelete
  68. Gan maaf mau tanya,kalo urus surat numpang nikah status duda,sama kaya yg status perjaka ga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya sama gan
      mungkin hanya persyaratan saja yang sedikit berbeda

      Delete
  69. Gan klo urus surat keterangan belum menikah kan ditanda tangan pake materai terus dikasih kelurahan lagi apa gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pertanyaannya ga paham gan
      kalo yang pake materai itu surat keterangan perjaka

      Delete
  70. Bang itu surat numpang nikahnya pake alamat yang Cileungsi ?? Terus itu perempuannya harus bikin surat numpang nikah juga ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang
      alamat nikahnya di Cileungsi (di tempat kakak perempuan)
      saya dan calon istri sama sama bikin NA, soalnya saya dan calon istri bukan orang cileungsi

      Delete
  71. Numpang nanya gan,Sebelum kekelurahan harus pakai surat keterangan sehat apa enggak...???

    ReplyDelete
  72. Bg ko saya di kelurahn di mintain biaya administrasi 100 rbu iya ?? Emng harus bayar segitu

    ReplyDelete
  73. Gan mau nanya klo misalnya bikin Na di wakilin olh cpw bisa gg gan?

    ReplyDelete
  74. Gan mau nanya klo misalnya bikin Na di wakilin olh cpw bisa gg gan?

    ReplyDelete
  75. Gan kalau CPW dan CPP beda kecamatan tetapi masih kabupaten yg sama apakah CPP tetap ke KUA kecamatan? Atau cukup pengantar dari keluarahan aja? Akad nikah di tmpt tinggal CPW

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu gan
      kalo satu wilayah pengantar dari keluarahan aja cukup
      nanti kasih ke CPW surat pengantarnya
      biar CPW yang urus ke KUA

      Delete
  76. Ngurus surat pindah nikah di KUA pria, apa bisa diwakilkan oleh saya sbg calonnya? Karena calon suami lg kerja di luar kota gan. Mohon infonya secepatnya.

    ReplyDelete
  77. Ktp saya domisli Purworejo jateng.
    Cpp domisili BeKasi Jabar.
    Rencana menikah dibogor.
    Prosedur pasti sama dengan agan.
    Tapi bagaimana prosesnya jika cpp ini duda? Dan apakah diperlukan surat pernyataan perawan bagi cpw juga harus disediakan? Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada surat cerai dulu mas
      buat persyaratan pendukung

      Delete
  78. Nuhun mang asep..pas neangan lgsung nongol blog yeu...

    ReplyDelete
  79. Mantap bro, kebetulan ni nanya skalian.
    Saya orang bekasi, calon orang ranca ekek... Mau menikah di daerah dago bawah, mo pake jasa kua skitaran Dago aja biar deket penghulunya Berarti kedua duanya sama sama harus bikin surat numpang nikah ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bikin dua duanya
      sama kaya saya

      Delete
    2. Klo duda mau nikah tp surat dudanya blm ad gmn ya?

      Delete
  80. Kalo ceweknya mau buat srt pengntar sendri tnpa org tua bisa ga bro

    ReplyDelete
  81. Mau Tanya, apa ijazah Dan akte itu perlu, klo gak punya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di beberapa daerah ada yang ga pake juga
      Optional aja gan

      Delete
  82. jika saya kec bekasi selatan dan nikah di bekasi barat kemudian calon saya ragunan ..saya juga urus surat numpang nikah gak ya?

    ReplyDelete
  83. Mau nanya ni .. kalo udh abis dari kelurahan itu kita harus ke kecamatan apa engga ya ?

    ReplyDelete
  84. Mau nanya ni, ktp saya Jkt, calon suami Lampung dan rencana nya mau nikah di Tasik, apakah 22 nya harus bikin surat numpang nikah?
    Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kedua mempelai harus bikin surat numpang nikah dari masing masing domisili
      kemudian di tujukan ke alamat mau nikah
      yaitu di TASIK

      Delete
  85. A mau nanya.
    Nanti akta nikahnya dikeluarin dari KUA mana ya? Soalnya saya sama calon suami ktp nya bandung, mau nikah di garut. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti yang keluarin buku nikah KUA garut
      calon mempelai pria dan wanita buat surat pengantar untuk ditujukan ke KUA di garus

      Delete
  86. Bang, kl cpp status d ktp & kk blm kawin tp dl sdh prnh nikah itu gmn y bang,,,? Rncana q mo nikah tp mnt surat numpang nikah sulit banget, mhon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ga bisa kasih pencerahan yang lebih, soalnya belum ngalamin seperti agan
      mungkin saran dari saya agan ubah dulu status di KTP dan KK
      setelah itu agan urus di KUA (entah itu perceraian atau yang lainnya)
      Setelah selesai baru buat Surat numpang nikah di Kelurahan (seharusnya sih bisa)
      kalo ada yang salah dengan pendapat saya mohon di luruskan ya
      .:: hehe ::.

      Delete
  87. Bang mo nanya dong, dokumen yg harus dibawa ke kelurahan apa harus sama fotocopy ktp pasangan atau cukup fc ktp saya sndiri?

    ReplyDelete
  88. Mau nanyak gan untuk pembuatan N.A itu apakah ada biyaya yg dikeluarkan atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free
      kalo mau bayar seiklasnya aja buat isi kas KUA

      Delete
    2. Apa disemua daerah sama kalo bikin NA gratis?

      Delete
  89. Gan, rencananya April ini mau ngadain akad dan resepsi di Bandung
    Saya KTP Cirebon
    Calon isteri KTP Bandung
    Ttp kudu bikin surat juga ya dari daerah asal KTP Saya?
    Untuk calon isteri bagaimanakah?
    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bikin NA di Cirebon
      Kalo sudah jadi kasih ke Calon Istri
      Nanti Calon Istri Dateng ke Kelurahan (buat surat kehendak nikah)
      setelah Selesai membuat surat kehendak nikah langsung ke KUA
      Sebelum ke KUA siapin :
      - Surat Pengantar yang tadi di buat
      - FC KTP dan KK wanita
      - FC KTP WAli
      - FC KTP 2 Orang Saksi
      - FC Akta Lahir / Ijasah (bila di perlukan)
      - Pas foto CPW dan CPP
      - Surat NA CPP dari Cirebon
      - Bayar 400ribu (klo nikah di rumah) / Klo di KUA free gan

      Delete
    2. Istri nya nnti perlu urus dri rt juga gak? Atau langsung ke kelurahan gan??

      Delete
    3. kalo sekarang langsung ke kelurahan aja om

      Delete
  90. Gan....apakah surat nikah N1.N2.N4 ada massa expirednya masalahnya saya Hari H nya bulan agustus tpi saya urus bulan ini...trims gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo expirednya saya kurang tau
      tapi kalo persyaratan dari KUA 15 hari sebelum nikah
      jangan terlalu jauh gan ngurusnya, takutnya orang KUA yang mau nikahin lupa tanggal nikah agan.
      Tapi kalo mau ngurus dari sekarang juga kayanya ga apa-apa
      cuma nanti sebelum nikah agan konfirmasi lagi ke petugas KUA nya, takutnya lupa

      Delete
  91. Selamat menempuh hidup baru ya bang.. sy mau nanya nih.. sy kan pengungsi dari palu, skrg tinggal di Bekasi. 3 hari setelah ngungsi, sy nikah sm WNA di Cibubur, katanya nnt dikasi buku nikah.. sampe skrg ga dpt buku nikah.. apa sy nikah ulang trus ngurus N1,N2& N4 nya dr bekasi atau minta surat numpang nikah dari kota Palu lagi? Kayaknya ribet deh sama petugas yg nikahin kmarin..minta duit ini itu, krn emang persyaratan nikah sy kurg lengkap krn kmarin tdk smpat ngurus dr Palu. Sy trauma pulang ke Palu, tapi klo nikah disini diprsulit, mgkin mau tak mau sy kembali ke palu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu/Bp sudah nikah di KUA atau amil(bukan penghulu KUA) ?
      kalo dari KUA bisa langsung datang ke kantor KUA, nanti ketemu sama ketua KUA nya lalu di jelaskan permasalahannya.
      Tapi kalo nikah melalui amil(bukan penghulu KUA)
      Saran saya nikah ulang lagi di KUA, soalnya banyak oknum yang minta uang tapi ga di kasih buku nikahnya

      Ibu/Bp punya KTP Bekasi ?
      Klo sudah punya tinggal urus N1,N2& N4 di bekasi aja, di tujukan ke KUA daerah Cibubur (KUA tempat nikah)

      mungkin saran saya bisa membantu

      Delete
  92. Replies
    1. saya juga nikah di rumah kena biaya 400ribu
      tapi kalo di KUA free (gratis)

      Delete
  93. Assalamu'alaikum kang.. Bade tumaros..
    Saya janda (punya akte cerai) tapi di KTP saya masih Gadis..kira2 kalau mau nikah lagi harus merubah status di KTP jadi janda atau gak usah di rubah.. kira2 nanti dipersulit gak di KUA nya nanti..
    Calon suami saya juga sama.. dia duda (gak punya akte cerai) tapi di KTP masih bujang..
    Dia asal Kalimantan..
    Rencananya mau nikah bulan ini di tempat saya Cianjur..
    Mohon bantuan penjelasannya..
    Haturnuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam teh
      Saran saya
      Teteh ubah dulu Status di KTP nya
      untuk calon suaminya KTP nya masih kalimantan ?
      kalo masih, mungkin keluarganya bisa urus perceraiannya beliau di Kalimantan.
      Tapi kalo KTP sudah Cianjur, mendingan konsultasi sama KUA yang mau nikahin teteh
      saran saya kalo mau nikah mendingan langsung urusin sendiri, jangan pake calo,

      Delete
  94. Mau nanya dong.... Kalo bikin NA bayar ga sih?kalo bayany berapa yaa

    ReplyDelete