Web Server | Mongoose Web Server Paling Ringan

Postingan kali ini adalah artikel dari Telinks yang saya ulas kembali di blog pribadi saya.

Kali ini saya akan berbagi mengenai web server. Mongoose adalah pustaka HTTP dan WebSocket yang dapat mengubah apa pun menjadi server web dalam 5 menit. Sejak diciptakan dan dikembangkan pada tahun 2004 oleh Sergey Lyubka dari Irlandia lebih dari 1 juta mengunduhnya, kesederhanaan dan fleksibilitasnya menjadikannya pilihan utama bagi programer perangkat lunak.

Berbeda dengan paket program web-server besar seperti Apache dan yang lainnya yang membutuhkan instalasi dan membutukan ruang hardisk yang cukup besar, maka dengan Mongoose, kita dapat memiliki web-server tanpa harus melakukan instalasi apapun. Tak hanya tanpa instalasi, ukuran file program Mongoose juga relatif kecil, hanya 140KB saja! Dan untuk paket program Mongoose + PHP-CGI, besarnya hanya ~6MB saja!!

Sebelum memulai lalangkah lebih baik download [Mongoose Web Server  V4.1]

Sub-folder web_root adalah folder tempat file-file situs yang berisi fle html, php, dan/atau yang lain. Jika program Mongoose kita jalankan dari folder tersebut.

Untuk mencobanya maka kita akan membuat sebuah halaman web menggunakan php

Copy listing program dan save di web_root dengan nama index.php
Selanjutnya buka browser Anda dan ketikkan alamat

http://localhost:8080/tes.php

Dan hasilnya seperti screenshot berikut ini.



Demikian sekilas tentang web-server Mongoose yang sangat menarik untuk dipelajari dan dimanfaatkan. Semoga dapat memberi manfaat.

Lebih detil mengenai Mongoose dapat Anda pelajari melalui situsnya  dan juga melalui group mongoose-users

Post a Comment

0 Comments